Perkembangan Gigi Bayi Didalam Kandungan

Perkembangan Gigi Bayi Didalam Kandungan | Saat Sikecil yang sedang mengalami pertumbuhan didalam kandungan. Diet yang seimbang,latihan ringan teratur,dan banyak istirahat merupakan unsur-unsur kehamilan sehat. Memahami cara bayi berkembang dan seberapa awal gigi terbentuk,membantu kita menyadari bahwa tetap sehat dan bugar selama kehamilan akan memberikan awal yang terbaik bagi bayi.

Perkembangan Gigi Bayi Didalam Kandungan

Bagaimana gigi bayi berkembang didalam kandungan?
  1. Saat bayi bertumbuh selama 4 bulan,giginya mulai terbentuk.Bayi menyerap kalsium dan fosfat dari aliran darah IBU. Zat-zat itulah yang 'terminerelisasi' menjadi gigi.Vitamin D dan hormon-hormon pertumbuhan juga merupakan bagian penting dari proses tersebut.
  2. Meskipun gigi susu biasanya tidak muncul dalam mulut bayi sampai sekitar 6 bulan setelah kelahiran,berbagai bagian dari 20 gigi susunya terbentuk sebelum bayi lahir. Gigi-gigi susu ini mulai tumbuh sebagai kuncup-kuncup gigi. Dari situlah mahkota-mahkota gigi (bagian gigi yang terlihat di mulut) mulai terbentuk.
  3. Gigi-gigi tersebut tumbuh dirahang,dalam kantung-kantung yang disebut dengan 'folikel'.
  4. Bila mahkota-mahkota tersebut sudah lengkap,akar gigi akan mulai berkembang. Pembetukan akar akhirnya selesai pada saat gigi muncul dan sudah keras sepenuhnya.lapisan email pada gigi merupakan jaringan terkeras di tubuh dan lebih kuat dari pada besi.

Refleks menghisap. Pengamatan sebelum kelahiran sering memperliahtkan bayi menghisap jempol atau jari. Itu adalah cara alamiah bayi melatih gerakan rahang dan gigi yang akan ia perlukan setelah lahir nanti.Setelah kelahiran, gerakan-gerakan kuat lidah dan bibir yang dilakukan bayi saat disusui merangsang pertumbuhan rahangnya. Pada tahap ini gigi dewasa pertamanya akan terbentuk di gusinya. dan terus berulang hingga pembentukan seluruh gigi sikecil dengan berjalannya waktu.

Terimakasih sudah mengunjungi blog tipshamilku.blogspot.com. semoga informasi yang terkandung di atas bermanfaat bagi anda. Kunjungi juga artikel lainnya Pengaruh Buruk Pertumbuhan Gigi Bayi Dalam Kandungan, 6 Hal yang Harus Diperhatikan Oleh Ibu Hamil dan ikuti program kehamilan yang dibawakan oleh dr. Rosdiana Ramli, SpOg.

Created By. cepathamiltips.blogspot.com

Posted in , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.